http://powermathematics.blogspot.com/2012/12/educational-paradigm.html
Dapat diketahui bahwa
paradigma pendidikan abad 20 dan 21 itu berbeda. Diantaranya, yang pertama pada
paradigma pendidikan abad 20 pembelajaran berpusat pada guru (teacher
centric)sedangkan paradigma pendidikan pada abad 21 pembelajaran berpusat pada
siswa (student centric). Kedua, penaksiran pada paradigma pendidikan abad 20
dari summative ke formative, sedangkan penaksiran pada paradigma pendidikan
abad 21 dari formative ke summative. Ketiga program pembelajaran pada abad 20
adalah pola grup dengan metode remidial, sedangkan pada abad 21 adalah program
pembelajaran individu. Keempat feedback pada abad 20 terbatas sedangkan
feedback pada abad 21 berasal dari diri,guru dll. Selain perbedaan di atas
paradigma pendidikan pada abad 20 dan 21 memiliki persamaam salah satunya yaitu
interaksi yang berasal dari kerjasama antar individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar