Matematika
memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Faktanya,
matematika digunakan
dalam kegiatan sehari-hari seperti dalam kegiatan perdagangan, ekonomi,
teknologi dan lain sebagainya. Kegiatan
pembelajaran matematika tentu tidak akan terlepas dari masalah matematika.
Dalam mengajarkan bagaimana memecahkan masalah, pendidik matematika mempunyai
cara yang berbeda-beda. Diantaranya adalah dengan selalu memberikan
contoh-contoh bagaimana memecahkan suatu masalah matematika, tanpa memberikan
kesempatan banyak pada siswa untuk berusaha menemukan sendiri penyelesaiannya.
Sehingga dengan cara demikian siswa kurang kreatif dalam memecahkan masalah.
Siswa hanya mampu memecahkan masalah matematika apabila caranya telah diberikan
oleh guru. Dengan demikian, maka siswa seringkali dihadapkan pada beberapa
kesulitan, misalnya tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan masalah yang
diberikan. Dalam masalah matematika ini maka diperlukannyalah suatu intuisi
baik intuisi siswa dalam memahami masalah, intuisi siswa dalam merencanakan
pemecahan masalah, intuisi siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah dan intuisi
siswa dalam melihat kembali hasil pemecahan masalah. Para calon guru pengajar
matematika khususnya guru matematika sekolah agar mempertimbangkan dan
memperhatikan intuisi siswa dalam pengembangan model pembelajaran matematika
sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar