Saya
sangat setuju bahwa intuisi matematika
akan muncul setelah tahap olah pengalaman (experience) matematika. Siswa akan
memiliki intuisi dalam pelajaran matematika jika ia telah melewati tahap mathematical
experiences, bisa berupa misalnya siswa berlatih mengerjakan soal-soal
matematika secara teratur. Intuisi tidak mungkin tercapai jika tidak didukung
oleh sikap dan metode matematika (mathematical attitude and method) dan sikap
pendukung (supporting attitude) serta internal motivation (rasa senang dan
matematika yang menyenangkan). Rasa senang pada pembelajaran matematika datang
dari diri siswa sendiri. Pemikiran intuitif dapat dikembangkan dengan terus
mengexplore masalah-masalah matematika dari berbagai sudut pandang tanpa batas.
Guru dapat member ruang kepada siswa melalui forum diskusi untuk mengembangkan
produktivitas intuisi siswa dalam bermatematika. Kompetensi-kompetensi yang ada
dalam matematika hendaknya dapat terus dieksplorasi dalam rangka
menumbuhkembangkan daya kreatifitas siswa untuk memunculkan ide-ide pemecahan
masalah. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi siswa karena belajar matematika
akan menjadi lebih mudah apabila siswa telah produktif dalam berintuisi
matematis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar